SssTt...GosSip

Gubrakkk!!Anya mengaduh sambil mengumpat. “Aduuuhhh…Kok bisa ada tembok sih disini?” Sambil terus merintih Anya menuruni tangga rumah.

“Ckckck...kamu tuh aneh deh. Jelas-jelas tembok rumah ini udah ada disini dari sebelum kamu lahir. Bisa-bisanya kamu nanya kok ada tembok.” Selvi kakak Anya terheran-heran ngeliat kelakuan adik satu-satunya itu. Anya cuma nyengir sambil ngelus-ngelus jidatnya yang benjol.

“Kok cuma nyengir doang. Biasanya uda ngebales kata-kata aku.” Selvi lebih heran lagi ngeliat Anya cuma senyam senyum ga jelas.

“Ih Kakak mau tau aja deh. Yang pasti sih Anya lagi seneng.”

“Nabrak tembok seneng?” Selvi menjejeri langkah adiknya menuju ruang makan.

“Ya bukanlah Kak. Aku kemaren itu main ke rumah Aga. Hehehe..” Anya tersipu-sipu sendiri.

Selvi mengangkat sebelah alisnya, “Oya?kamu main sendiri ke rumah Aga?”

“Enggak. Ceritanya aku ketemu sama Aga di Gramedia terus dia kan pernah janji minjemin skripsinya jadi aku main deh.” Selvi cuma ber-ooo panjang sambil duduk di meja makan dan mulai memakan nasi gorengnya.

“Ngomongin apa sih pagi-pagi?” Bunda berjalan keluar dari dapur membawa 2 gelas susu.

“Itu tuh si Anya Bun. Abis main ke rumah gebetannya si Aga.” Dengan cueknya Selvi menjawab sambil terus menyuap nasi goreng ke dalam mulutnya.

“Hehehe..iya Bun kemarin aku ke rumah Aga. Minjem skripsinya dia. Buat referensi aja. Tapi tau ga sih Kak?”

“Apaan?”

“Bapaknya si Aga itu tuh gualaaaakkkkk banget. Dateng-dateng aku langsung ditanyain macem-macem. Serem juga siy tapi ga apa-apa lah kan aku jadi tau rumah Aga. Hehehe..”

Anya terus melakukan kegiatan nyengir-ga-jelas yang bikin Selvi sakit kepala. Soalnya si Anya jadi nabrak-nabrak gitu. Tadi tembok, abis makan dia berdiri buat naruh piring ke dapur dan dia nabrak meja.

“Nya..kamu tuh boleh aja fall in love, tapi emang kamu mau berangkat ke kampus pake begituan?” tanya Selvi ketawa ngakak sambil nunjuk kaki Anya. Sebelah kanan pake sepatu dan sebelah kiri pake sendal jepit.

Anya cuma nyengir malu sambil ganti si-sendal-jepit-sialan sama sepatu. Selvi mengantar Anya sampai kampus yang memang sejalan sama arah kantornya.

“Tengkyu sista.” Seru Anya seraya keluar dari pintu mobil.

“Sama-sama sissy. See you nanti malam ya. Kamu harus cerita ke aku tentang Aga.”

“Okay. Daaahhh.”

****

Anya – Kampus

“Hei.. ceria sekali kau. Lupa ya hari ini ada bimbingan tugas akhir. Program kau kan udah 5 kali direvisi dan belum selesai-selesai juga.” Butet menepuk bahu Anya pelan. Hasilnya...

“Hiyaaaa...Butet kau kurang ajar kali pukul-pukul aku. Emang mamak kau ga ngajarin kamu nyapa orang yang sopan apa?”

Butet alias Budi Tedjoro Hadi Subroto bengong.

“Ih Anya tadi kan gue nepuknya pelan-pelan. Lagian kok lo ngomongnya jadi kayak orang batak sih. Emang lo orang batak yah?”

Anya cuma mesem-mesem. Butet tambah bengong. Ni anak kelakuan aneh banget sedetik marah-marah, detik berikutnya uda senyam senyum.

“Nya are you okay? Haloooo...earth to Anya..earth to Anya..” Butet melambaikan tangannya di depan muka Anya.

“Hah?! Eh Butet. Kenapa Tet?” Jawaban Anya bikin Butet makin makin terbengong-bengong.

“Lo kenapa sih Nya?”

“Hehehehe...gue main ke rumah Aga kemarin.”

“Hah????!!

“Lo ngomong hah-nya jangan sampai nyemprot-nyemprotin tahu dong. Jorok ih.” Anya marah-marah. Butet spontan nutup mulutnya. Lupa dia kalau lagi makan tahu isi.

“Aga yang jadi pemimpin redaksi Swara itu Nya?”

Anya cuma ngangguk-ngangguk kayak dakochan.

“Terus..??” selidik Butet.

“Ga terus terus. Yang pasti sih gue seneng banget cumaaaa..bapaknya itu tet galak banget. Aku ditanyain macem-macem. Eh lo tau ga gara-gara seneng banget gue sampai salah pake sepatu. Yang kanan sih bener sepatu cuma yang kiri sendal jepit.”

Butet ketawa-ketawa. Dan hari itu beredarlah gosip tentang Anya-Aga.

****

Beberapa hari kemudian – Kampus

“Pagi Anya!” sapa Aga sambil senyum-senyum.

“Pagi.” Sahut Anya sedikit bingung. Bukannya kenapa-kenapa tapi dari dia masuk ke halaman kampus ini udah ada 10 orang yang ngucapin selamat pagi plus senyum-senyum ga jelas.

“Aneh.” Gumam Anya pelan.

“Aneh kenapa?” Tanya Aga sedikit mengangkat wajahnya dari diktat yang dia pegang.

“Ga kenapa-kenapa.”

“Oia Nya emang gosip tentang kamu itu bener ya?”

“Gosip apaan Ga?” Dag dig dug dhuer rasanya hati Anya. Jangan-jangan Aga tau kalau Anya suka sama dia.

Aga beneran mengangkat kepalanya dari diktat. Matanya bersinar iseng.

“Yah gitu deh.”

“Agaaaaa...cerita yang bener dong...Apaan sih apaan sih apaan sih?kasih tau dong kasih tau dong kasih tau dong.” Dika nutup kupingnya. Yaiyalah si Anya kalau udah jerit-jerit gitu siapa yang tahan dengerinnya coba.

“Gosip kalau..kalau..”

“Kalau apaan? Cerita tuh yang jelas. Kalau apa? Kalau gue cantik?” semprot Anya. Aga buru-buru menutupi mukanya pake diktat takut kalau ada ornamen-ornamen yang ikut lompat dari mulut Anya. Hihihi..

“Kalau kamu lagi suka sama cowok yang hobi pake baju kembang-kembang terus kamu juga sempet main ke rumah cowok kembang-kembang itu yang ternyata punya bapak galak tapi cute dan punya ibu bawel yang cemburu sama kamu gara-gara bapaknya cowok itu jatuh cinta pada pandangan pertama sama kamu tambahan lagi bapaknya itu jatuh cinta sama kamu gara-gara kamu punya kumis kaya pak raden terus kamu yang grogi akhirnya pulang pake sendal di kaki kanan dan sepatu di kaki kiri terus dikejar-kejar anjing galak terus kamu terpaksa harus ngelempar tuh anjing pake sendal jepit kamu sampai si anjing pingsan terus kamu dimarahin sama pemiliknya yang nuntut ganti rugi sampai akhirnya kamu dibawa ke kantor polisi.” Aga ngos-ngosan abis ngomong tanpa titik koma. Diam...Hening...Anya melongo..Aga terbengong...lalu

“BUTET SIALAAAAANNNNNNNNN!!!!”

Ternyata sodara-sodara si Butet turut serta menyebar luaskan cerita hepi Anya yang lagi berbunga-bunga.

Cerita dari Butet ke Sophi. “Si Anya tuh lagi kesengsem sama orang. Kemarin dia main ke rumah cowok itu. Tapi bapaknya tuh cowok yang punya kumis lebat galak banget. Tau ga sih si Anya sampe salah pake sepatu. Yang kanan sih bener sepatu tapi yang kiri sendal jepit. Hahahaha.” Si Sophi ikutan ketawa ngakak.

Cerita dari Sophi ke ganknya. “Kata si Butet, Anya lagi suka sama cowok tapi cowoknya suka pake baju kembang-kembang gitu. Terus bapaknya si cowok itu suka sama kumis lebat pak raden-nya Anya. Hihihihi. Ternyata diem-diem Anya punya kumis bo.” Tertawa tertiwilah mereka.

Cerita dari gank-nya Sophi ke gank anak basket. “Eh di kampus rame loh gosip si Anya. Katanya Anya suka sama cowok yang hobi pake baju kembang-kembang. Terus si Anya waktu main ke rumah cowok itu mesti berhadapan sama ibu cowok itu yang bawel ditambah lagi ternyata bapaknya si cowok suka sama kumis lebat ala pak raden-nya Anya. Ibu si cowok cemburu. Anya diusir keluar sampai Anya grogi dan pake sendal di kaki kiri sama sepatu di kaki kanan. Whahahaha...Kok si Anya jadi aneh ya.” Ngakaklah mereka.

Cerita itu muter-muter sampe akhirnya sampe ke telinga Anya dalam versi yang diceritain Aga. Hahahaha..gosip ternyata never ends yah.

****

Gatsu – 140507

0 komentar:

Blogger Templates by Blog Forum